Sabtu, 18 November 2017

Lembar Kerja Siswa (LKS) Pengukuran

LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
PENGUKURAN
(Waktu: 3 x 45 menit)
Kelas               :
Kelompok      :
Nama              :


A.    Tujuan
1.      Siswa dapat melakukan pengukuran panjang dengan menggunakan mistar.
2.      Siswa dapat melakukan pengukuran panjang dengan menggunakan jangka sorong.
3.      Siswa dapat melakukan pengukuran panjang dengan menggunakan mikrometer sekrup.
4.      Siswa dapat melakukan pengukuran massa dengan menggunakan neraca analog.
5.      Siswa dapat melakukan pengukuran massa dengan menggunakan neraca pegas.
6.      Siswa dapat melakukan pengukuran waktu dengan menggunakan stopwatch.

B.     Alat dan Bahan


1.      Mistar
2.      Jangka sorong
3.      Mikrometer sekrup
4.      Neraca analog
5.      Neraca pegas
6.      Stopwatch
7.      Beban bercelah
8.      Silinder materi
9.      Kubus materi
10.  Kerikil



C.    Langkah Kerja
1.      Ukur ketebalan beban bercelah dengan menggunakan mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup. Lakukan pengukuran masing-masing sebanyak tiga kali. Catat hasil pengukuran masing-masing pada tabel 1, 2 dan 3.
2.      Ukur lebar sisi kubus materi dengan menggunakan mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup. Lakukan pengukuran masing-masing sebanyak tiga kali. Catat hasil pengukuran masing-masing pada tabel 1, 2 dan 3.
3.      Ukur diameter dan tinggi silinder materi dengan menggunakan mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup. Lakukan pengukuran masing-masing sebanyak tiga kali. Catat hasil pengukuran masing-masing pada tabel 1, 2 dan 3.
4.      Ukur massa kerikil, beban bercelah, kubus materi, dan silinder materi dengan menggunakan neraca analog (timbangan kue). Lakukan pengukuran masing-masing sebanyak tiga kali. Catat hasil pengukuran pada tabel 4.
5.      Ukur massa beban bercelah, kubus materi, silinder materi, dan kerikil dengan menggunakan neraca pegas. Lakukan pengukuran masing-masing sebanyak tiga kali. Catat hasil pengukuran pada tabel 6.
6.      Ukur waktu denyut nadi sebanyak 20 denyutan menggunakan stopwatch. Lakukan pengukuran sebanyak tiga kali. Catat hasil pengukuran pada tabel 7.
D.    Hasil Pengamatan
Tabel 1     Pengukuran Menggunakan Mistar
No.
Benda yang Diukur
Hasil Pengukuran (m)
1
2
3
1
Beban bercelah



2
Kubus materi



3
Diameter silinder materi



4
Tinggi silinder materi




Tabel 2     Pengukuran Menggunakan Jangka Sorong
No.
Benda yang Diukur
Hasil Pengukuran (m)
1
2
3
1
Beban bercelah



2
Kubus materi



3
Diameter silinder materi



4
Tinggi silinder materi




Tabel 3     Pengukuran Menggunakan Mikrometer Sekrup
No.
Benda yang Diukur
Hasil Pengukuran (m)
1
2
3
1
Beban bercelah



2
Kubus materi



3
Diameter silinder materi



4
Tinggi silinder materi




Tabel 4     Pengukuran Menggunakan Neraca Analog
No.
Benda yang Diukur
Hasil Pengukuran (kg)
1
2
3
1
Kerikil



2
Beban bercelah



3
Kubus materi



4
Silinder materi




Tabel 6     Pengukuran Menggunakan Neraca Pegas
No.
Benda yang Diukur
Hasil Pengukuran (kg)
1
2
3
1
Beban bercelah



2
Kubus materi



3
Silinder materi



4
Kerikil




Tabel 7     Pengukuran Menggunakan Stopwatch
Pengkuran ke-
Waktu 20 denyutan (s)
Waktu 1 denyutan (s)









E.     Pertanyaan
1.      Bandingkan hasil pengukuran dari mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup! Alat pengukur panjang manakah yang lebih teliti? Alasannya?
2.      Bandingkan hasil pengukuran dari neraca analog dan neraca pegas! Alat pengukur massa manakah yang lebih teliti? Alasannya?
3.      Mengapa Anda harus mempelajari cara mengukur panjang dan massa dengan berbagai alat ukur?
4.      Sebutkan pentingnya mempelajari cara pengukuran waktu dengan menggunakan stopwatch!

5.      Apa kesimpulan yang Anda peroleh dari percobaan pengukuran ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar