LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
PENGUKURAN
Kelas :
Kelompok :
Nama :
A.
Tujuan
1. Siswa
dapat melakukan pengukuran panjang dengan menggunakan mistar.
2. Siswa
dapat melakukan pengukuran panjang dengan menggunakan jangka sorong.
3. Siswa
dapat melakukan pengukuran panjang dengan menggunakan mikrometer sekrup.
4. Siswa
dapat melakukan pengukuran massa dengan menggunakan neraca analog.
5. Siswa
dapat melakukan pengukuran massa dengan menggunakan neraca pegas.
6. Siswa
dapat melakukan pengukuran waktu dengan menggunakan stopwatch.
B.
Alat
dan Bahan
1. Mistar
2. Jangka
sorong
3. Mikrometer
sekrup
4. Neraca
analog
5. Neraca
pegas
6. Stopwatch
7. Beban
bercelah
8. Silinder
materi
9. Kubus
materi
10. Kerikil
C.
Langkah
Kerja
1. Ukur
ketebalan beban bercelah dengan menggunakan mistar, jangka sorong dan
mikrometer sekrup. Lakukan pengukuran masing-masing sebanyak tiga kali. Catat
hasil pengukuran masing-masing pada tabel
1, 2 dan 3.
2. Ukur
lebar sisi kubus materi dengan menggunakan mistar, jangka sorong dan mikrometer
sekrup. Lakukan pengukuran masing-masing sebanyak tiga kali. Catat hasil
pengukuran masing-masing pada tabel 1, 2
dan 3.
3. Ukur
diameter dan tinggi silinder materi dengan menggunakan mistar, jangka sorong
dan mikrometer sekrup. Lakukan pengukuran masing-masing sebanyak tiga kali.
Catat hasil pengukuran masing-masing pada tabel
1, 2 dan 3.
4. Ukur
massa kerikil, beban bercelah, kubus materi, dan silinder materi dengan
menggunakan neraca analog (timbangan kue). Lakukan pengukuran masing-masing
sebanyak tiga kali. Catat hasil pengukuran pada tabel 4.
5. Ukur
massa beban bercelah, kubus materi, silinder materi, dan kerikil dengan
menggunakan neraca pegas. Lakukan pengukuran masing-masing sebanyak tiga kali.
Catat hasil pengukuran pada tabel 6.
6. Ukur
waktu denyut nadi sebanyak 20 denyutan menggunakan stopwatch. Lakukan
pengukuran sebanyak tiga kali. Catat hasil pengukuran pada tabel 7.
D.
Hasil
Pengamatan
Tabel
1 Pengukuran Menggunakan Mistar
No.
|
Benda yang Diukur
|
Hasil Pengukuran (m)
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Beban bercelah
|
|
|
|
2
|
Kubus materi
|
|
|
|
3
|
Diameter silinder materi
|
|
|
|
4
|
Tinggi silinder materi
|
|
|
|
Tabel 2 Pengukuran Menggunakan Jangka Sorong
No.
|
Benda yang Diukur
|
Hasil Pengukuran (m)
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Beban bercelah
|
|
|
|
2
|
Kubus materi
|
|
|
|
3
|
Diameter silinder materi
|
|
|
|
4
|
Tinggi silinder materi
|
|
|
|
Tabel 3 Pengukuran Menggunakan Mikrometer Sekrup
No.
|
Benda yang Diukur
|
Hasil Pengukuran (m)
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Beban bercelah
|
|
|
|
2
|
Kubus materi
|
|
|
|
3
|
Diameter silinder materi
|
|
|
|
4
|
Tinggi silinder materi
|
|
|
|
Tabel 4 Pengukuran Menggunakan Neraca Analog
No.
|
Benda yang Diukur
|
Hasil Pengukuran (kg)
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Kerikil
|
|
|
|
2
|
Beban bercelah
|
|
|
|
3
|
Kubus materi
|
|
|
|
4
|
Silinder materi
|
|
|
|
Tabel 6 Pengukuran Menggunakan Neraca Pegas
No.
|
Benda yang Diukur
|
Hasil Pengukuran (kg)
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Beban bercelah
|
|
|
|
2
|
Kubus materi
|
|
|
|
3
|
Silinder materi
|
|
|
|
4
|
Kerikil
|
|
|
|
Tabel 7 Pengukuran Menggunakan Stopwatch
Pengkuran ke-
|
Waktu 20 denyutan (s)
|
Waktu 1 denyutan (s)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E.
Pertanyaan
1. Bandingkan
hasil pengukuran dari mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup! Alat
pengukur panjang manakah yang lebih teliti? Alasannya?
2. Bandingkan
hasil pengukuran dari neraca analog dan neraca pegas! Alat pengukur massa
manakah yang lebih teliti? Alasannya?
3. Mengapa
Anda harus mempelajari cara mengukur panjang dan massa dengan berbagai alat
ukur?
4. Sebutkan
pentingnya mempelajari cara pengukuran waktu dengan menggunakan stopwatch!
5. Apa
kesimpulan yang Anda peroleh dari percobaan pengukuran ini?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar